Kepala sekolah berfungsi sebagai educator, manajer,
administrasi dan supervisor. Pemimpin/Leader Inovator, dan Motivator.
a. KEPALA SEKOLAH SELAKU EDUKATOR
Kepala Sekolah selalu bertugas melaksanakan proses belajar mengajar
secara efektif dan efisien (lihat tugas guru)
b. KEPALA SEKOLAH SELAKU MANAJER
Bertugas :
1. Menyusun
perencanaan.
2. Mengoorganisasikan
kegiatan.
3. Mengarahkan
kegiatan.
4. Mengkoordinasikan
kegiatan.
5. Melaksanakan
pengawasan.
6. Melakukan
evaluasi terhadap kegiatan.
7. Menentukan
kebijaksanaan
8. Mengadakan rapat
9. Mengambil Keputusan.
10. Mengatur proses belajar mengajar.
11. Mengatur administrasi, Ketatausahaan, siswa, Ketenagaan,
Sarana dan prasarana, keuangan/RAPBS.
12. Mengatur Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).
13. Mengatur hubungan skolah dengan masyarakat dan instansi
terkait.
c. KEPALA SEKOLAH SELAKU ADMINISTRATOR
Bertugas Menyelenggarakan
Administrasi :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengawasan
6. Kurikulum
7. Kesiswaan
8. Ketatausahaan
9. Ketenagaan
10. Kantor
11. Keuangan
12. Perpustakaan
13. Laboratorium
14. Ruang
Ketrampilan/Kesenian
15. Bimbingan
konseling
16. UKS
17. OSIS
18. Sebaguna
19. Media
20. Gudang
21. 7K
d. KEPALA SEKOLAH SELAKU SUPERVISOR
Bertugas menyelenggarakan supervise
mengenai:
1. Proses belajar mengajar
2. Kegiatan bimbingan dan konseling.
3. Kegiatan ekstrakurikuler.
4. Kegiatan ketatausahaan.
5. Kegiatan kerjasama dengan masyarakat dan
instansi terkait.
6. Sarana dan Prasarana
7. Kegiatan 7K
e. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI PEMIMPIN / LEADER
1. Dapat dipercaya, jujur dan
bertanggung jawab.
2. Memahami kondisi guru, karyawan
dan siswa.
3. Memiliki visi dan memahami misi
sekolah.
4. Mengambil keputusa urusan intern
dan ekstern sekolah.
5. Membuat, mencari dan memilih
gagasan baru.
f. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI INOVATOR
1. Melakukan pembaharuan di bidang :
a. KBM
b. BK
c . Ekstrakurikuler
d. Pengadaan
2. Melaksanakan pembinaan guru dan
karyawan.
3. Melakukan pembaharuan dalam menggali sumber daya di
Komite Sekolah dan Masyarakat.
g. KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR
1. Mengatur ruang kantor yang
konduktif untuk bekerja.
2. Mengatur ruang kantor yang
konduktif untuk KBM/BK.
3. Mengatur ruang laboratorium yang
konduktif untuk praktikum
4. Mengatur perpustakaan yang
konduktif untuk belajar.
5. Mengatur halaman/lingkungan
sekolah yang sejuk dan teratur
6. Menciptakan hubungan kerja yang
harmonis sesame guru dan karyawan.
7. Menciptakan hubungan kerja yang
harmonis antar sekolah dan lingkungan.
8. Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman. Dalam hal
melaksanakan tugasnya, kepala sekolah
dapat mendelegasikan kepada wakil kepala sekolah.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar