Sabtu, 01 Maret 2014

Dasar-dasar YouTube Analytics



Dasar-dasar YouTube Analytics

Dengan YouTube Analytics, Anda dapat memantau kinerja saluran Anda dan video dengan metrik dan laporan yang mutakhir. Ada banyak sekali data yang tersedia dalam laporan yang berbeda (mis., Penayangan, sumber Lalu Lintas, Demografi).

 
Akses YouTube Analytics langsung melalui youtube.com/analytics. Atau masuk ke akun YouTube dan klik tanda panah di samping Upload di bagian atas laman, lalu Analytics.. Lalu gunakan menu di sebelah kiri untuk menavigasi ke semua laporan YouTube Analytics yang berbeda.

Melihat data di YouTube Analytics

Berikut ini beberapa cara dasar dalam melihat dan memahami semua jenis data yang akan Anda temukan di berbagai laporan YouTube Analytics.

Memfilter data Anda

Di bagian atas sebagian besar laporan, Anda dapat memperoleh informasi akurat yang diinginkan dengan memfilter laporan menurut Konten, Geografi, dan Tanggal

Diagram garis
Diagram garis menunjukkan perubahan data video dari waktu ke waktu. Anda dapat mengubahsuaikan opsi berikut:
  • Granularitas tanggal: Diagram dapat ditampilkan dengan titik data menurut kenaikan harian, mingguan, atau bulanan.
  • Membandingkan metrik: Pilih metrik kedua sebagai perbandingan, yang akan ditampilkan dalam grafik. Misalnya, Anda dapat memplot Pemirsa di samping Cookie Unik.

Grafik Multi-garis

Dengan grafik multi-garis, Anda dapat membandingkan kinerja hingga 25 video, saluran, atau geografi sepanjang periode waktu tertentu secara sekilas dalam sejumlah laporan. Secara default, lima item garis teratas dipilih dan ditampilkan dengan warna yang berbeda-beda. Namun, Anda dapat menyesuaikan pilihan untuk melihat semua konten yang disukai. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan item terpilih terhadap nilai total dengan memilih "Tunjukkan Total" di bagian kanan atas. Perhatikan bahwa dalam tampilan ini, metrik lainnya tidak mungkin ditambahkan.


Area bertumpuk

Tampilan ini menunjukkan hubungan antara data video yang dipilih, saluran, atau geografi dan total tayangan, sehingga Anda dapat membandingkan kinerja dan menentukan tren dengan mudah. Seperti halnya pada grafik Multi-garis, lima item garis teratas dipilih secara default dan Anda dapat menyesuaikan pilihan ini lebih lanjut dengan memilih hingga 25 item.


Peta interaktif
Peta interaktif menunjukkan lokasi video Anda sedang ditonton. Area yang lebih gelap di peta menunjukkan bahwa lebih banyak orang yang menonton video Anda di lokasi tersebut. Anda juga dapat mengarahkan mouse ke negara di peta untuk melihat data terperinci untuk negara tersebut.


Unduh laporan Anda dengan mengeklik tombol Download laporan di bagian atas laman. Laporan tersebut akan menyertakan informasi yang tersedia untuk laporan ini. Perhatikan bahwa dimensi "cookie unik" hanya akan disertakan bila dimensi "Tanggal" dipilih