Minggu, 02 Maret 2014

Mengubah setelan hasil penelusuran profil Anda



Mengubah setelan hasil penelusuran profil Anda
Secara default, profil Anda akan muncul di hasil penelusuran Google. Anda dapat mengubah setelan profil Anda kapan saja jika tidak ingin Google dan mesin telusur lain mengindeks profil Anda.

Untuk mengubah setelan profil:
  1. Buka Google+. Letakkan kursor di sudut kiri atas untuk menu utama Google+.
  2. Klik Setelan.
  3. Di bagian Profil , cari opsi "Bantu orang lain menemukan profil saya di hasil penelusuran":
    • Centang Bantu orang lain menemukan profil saya di hasil penelusuran jika Anda ingin profil Anda dapat dilihat di penelusuran.
    • Hapus centang pada Bantu orang lain menemukan profil saya di hasil penelusuran jika Anda tidak ingin mesin telusur mengindeks profil Anda.
Jika Anda memilih agar mesin telusur tidak mengindeks profil Anda, profil Anda itu sendiri tidak akan muncul di hasil penelusuran Google. Namun:
  • Profil Anda akan tetap terlihat oleh siapa saja yang mengetahui URL profil Anda.
  • Laman dan konten lainnya (termasuk situs web, blog, dan produk Google seperti Web Picasa) yang tertaut ke profil Anda tetap dapat muncul di hasil penelusuran di Google dan mesin telusur lain.
  • Perubahan yang Anda buat pada setelan keterlihatan dapat terlihat di berbagai mesin telusur pada waktu yang berbeda, tergantung kapan masing-masing mesin telusur merayapi laman profil Anda. (Pelajari seberapa sering Google merayapi web.)
  • Profil Anda mungkin tetap disarankan kepada orang lain. Misalnya, profil Anda dapat disarankan kepada orang yang memiliki Anda di kontak untuk ditambahkan ke Lingkaran mereka.
Memilih cara berbagi informasi di profil
Nama lengkap, foto profil, dan foto sampul Anda adalah satu-satunya informasi yang dapat dilihat oleh semua orang. Anda dapat memilih siapa yang melihat informasi Anda, serta informasi apa yang dapat dilihat oleh orang lain. Misalnya, Anda dapat membuat bagian "Informasi Dasar" dan "Tautan" pada Profil Anda dapat dilihat oleh publik, bagian "Pekerjaan" dapat dilihat oleh lingkaran Kantor, dan semua informasi lainnya dapat dilihat oleh lingkaran "Sahabat Terbaik".
Memilih dengan siapa informasi dibagikan
  1. Masuk ke Google+. Tempatkan kursor Anda di sudut kiri atas menu utama Google+ dan klik Profil.
  2. Klik tab Tentang di bawah sudut kiri bawah foto sampul Anda.
  3. Anda akan melihat kotak yang berisi berbagai jenis informasi yang dapat Anda tambahkan. Klik tautan Edit di bagian bawah kotak yang ingin Anda sesuaikan.
  4. Anda dapat mengubah siapa yang melihat informasi dalam kotak tersebut menggunakan menu tarik-turun di sudut kanan atas kotak tersebut. Anda dapat memilih untuk berbagi informasi dengan: "Lingkaran diperluas", "Publik", "Lingkaran Anda", atau "Hanya Anda".
Anda dapat memilih apakah profil Anda muncul di hasil penelusuran atau tidak. Pelajari cara mengubah setelan hasil penelusuran profil Anda.
Memilih tab Profil mana yang terlihat
Saat melihat profil, tab berada di bagian atas laman. Tab "Tentang" dan "Pos" akan selalu muncul bagi setiap orang yang mengunjungi laman profil. Anda mungkin memiliki tab lain di profil seperti "Foto", "Video", "+1", dan "Ulasan". Anda dapat menggunakan setelan untuk memilih tab mana yang dapat dilihat oleh orang lain.
  1. Tempatkan kursor Anda di sudut kiri atas untuk menu utama Google+ dan klik Setelan.
  2. Di bagian Profil, centang atau hapus centang tab yang diinginkan agar orang lain dapat melihatnya.
Melihat bagaimana Profil Anda muncul
Profil Anda terlihat berbeda bagi orang lain dibandingkan dengan yang Anda lihat. Orang yang mengunjungi profil Anda hanya akan melihat konten yang telah Anda bagikan dengan mereka.
Anda akan melihat Profil sebagai diri Anda sendiri secara default. Untuk melihat bagaimana tampilan profil Anda bagi orang lain:
  1. Masuk ke Google+. Tempatkan kursor Anda di sudut kiri atas untuk menu utama Google+, kemudian klik Profil.
  2. Di sebelah kanan menu utama Google+, cari menu tarik turun di samping Lihat profil sebagai.
  3. Pilih Publik untuk melihat bagaimana tampilan profil Anda bagi orang yang tidak ada dalam lingkaran Anda.
  4. Untuk melihat bagaimana tampilan profil Anda bagi pengguna tertentu, klik kotak "Masukkan nama…" dan ketik nama pengguna.