Selasa, 18 Februari 2014

Mengatur video dan daftar putar Anda dengan bagian



Mengaktifkan jelajahi

Konten yang ditampilkan pada saluran Anda dapat disorot sesuai cara pengaturan dan penampilan video tersebut. Dengan bagian, Anda dapat menampilkan kumpulan video, seperti upload atau daftar putar terbaru, atau menampilkan satu kumpulan khusus menggunakan tag.

Anda harus mengaktifkan tampilan Jelajahi dari tab beranda di saluran guna menampilkan koleksi konten Anda di bagian. Untuk mengaktifkan tampilan Jelajahi:
  1. Masuk ke saluran YouTube Anda.
  2. Buka Setelan akun, lalu klik tab laman Saluran.
  3. Di bawah judul ‘Jelajahi’, centang kotak di samping kata ‘Diaktifkan.’ Simpan perubahan Anda.
 

Perhatikan bahwa setelah diaktifkan, tampilan Jelajahi akan menjadi tampilan default dari tab Beranda Anda untuk semua pengunjung. Jika tampilan Jelajahi belum diaktifkan, tab Beranda Anda akan menampilkan umpan aktivitas Anda secara default.

Bagian

Ada dua jenis bagian, bagian sistem dan bagian khusus.
  • Bagian sistem didasarkan pada aktivitas saluran Anda. Dengan bagian ini, Anda dapat menampilkan konten seperti Upload Terbaru, Suka, atau Tayang Langsung Sekarang.
  • Dengan bagian khusus, Anda dapat melakukan kurasi kumpulan video berdasarkan tag umum. Anda dapat membuat tag yang unik dan menambahkannya ke beberapa video guna membuat bagian berdasarkan tag tersebut
Untuk membuat bagian baru, klik tombol Tambahkan bagian

Di tarik-turun Konten, Anda dapat memilih bagian sistem (Upload Populer, Suka) atau membuat bagian khusus Anda dari Tag. 


Anda juga dapat membuat bagian dari satu daftar putar. Bagian yang dibuat dari satu daftar putar akan menampilkan tombol Putar semua, sehingga pengunjung dapat melihat semua video dari daftar putar dengan sekali klik.




Saat membuat bagian dari tag, Anda dapat menamai bagian tersebut dengan nama yang berbeda dari tag Anda. Dengan demikian, jika Anda menandai sejumlah video dengan "Januari", Anda dapat menamai bagian tersebut dengan nama yang lebih khusus, seperti "Bulan Pertama."

Tag

Anda dapat menerapkan Tag ke satu video atau sejumlah video untuk menunjukkan temanya melalui opsi ‘Tag’ yang baru di Pengelola Video. Tag digunakan untuk mengatur konten, sehingga Anda dapat menyajikan tema umum 

Dengan mengeklik tag dalam daftar, semua video dengan tag tersebut akan ditampilkan untuk Anda.  Dari tab ini, Anda dapat mengelola tag tersebut beserta kontennya dengan Menghapus, Memindahkan ke atas, atau menetapkan tag baru.  Anda pun dapat menghapus tag dari tampilan ini.



Tag tidak boleh kurang dari 2 karakter dan tidak boleh melebihi 30 karakter.
Anda pun dapat menambahkan tag ke video saat mengeditnya. Di editor video, Anda akan melihat bagian Tag di bagian bawah laman.  Tambahkan dan hapus tag di bagian ini.