Jumat, 05 September 2014

Membuat Bahan Ajar WonderShare Quiz Creator

MEMBUAT BAHAN AJAR  WonderShare Quiz Creator
Teknik terdahulu masih sebatas cara membuat E-Learning dalam menyampaikan materi pembelajaran. Lalu bagaimana cara membuat soal-soal interaktif berbasis E-Learning? Sehingga siswa tidak perlu menggunakan kertas dalam mengerjakan soal latihan?


Caranya lagi-lagi sangat mudah. Berikut tahapan pembuatan soal interaktif berbasis E-Learning.
·         Unduh WonderShare Quiz Creator. ( klik di sini )  Aplikasi ini berfungsi untuk membuat kuis interaktif dalam bentuk pilihan ganda, uraian singkat, menjodohkan, pertanyaan berurutan, dan lain-lain. 


·         Install aplikasi tersebut.
·         Untuk mulai membuat kuis, pilih Create A New Quiz, kemudian pilihlah tipe kuis yang Anda inginkan, pada bagian menu sebelah kiri.
·         Setelah memilih tipe kuis, misalnya kuis Fill in the blank (isian singkat), isikan kolom-kolom pertanyaan dan beberapa jawaban yang dianggap benar.


·         Buatlah pertanyaan sebanyak yang Anda inginkan. Anda dapat menyisipkan suara, gambar, ataupun video pendukung dengan memilih Sound atau Movie pada saat membuat soal. Anda pun dapat memilih template soal dengan memilih Player Template.

·         Setelah jumlah pertanyaan dirasa cukup. Saatnya untuk mengatur waktu pengerjaan soal serta jawaban soal dan data siswa yang nantinya akan masuk ke email guru. Setiap siswa yang mengerjakan akan terkirim data siswa serta jawabannya ke email. Selain itu mereka pun dapat langsung melihat skor mereka pada akhir pertanyaan. 

·         Beberapa pengaturan pada menu Quiz Properties adalah: 
Pada bagian Quiz Information, Anda dapat mengedit tulisan awal pada tampilan soal. Pilih Collect Data Participants dan klik Set untuk mengirimkan semua data serta jawaban siswa ke email guru.
Quiz Setting berguna untuk mengatur kriteria nilai kelulusan siswa. Anda pun dapat mengacak soal sehingga setiap siswa urutannya berbeda.
Quiz Result untuk mengatur jika siswa lulus atau tidak tampilan apa yang akan muncul.
Question Settings dan Others berfungsi untuk mengatur tampilan font serta keperluan lainnya seputar tampilan pada pertanyaan.
  • ·         Klik Publish untuk mempublikasikan.

Mudah bukan membuat produk E-Learning? Guru yang tidak hi-tech sekali pun pasti bisa membuat produk E-Learning yang hi-tech. Pembuatan E-Learning yang mudah dan menarik hanyalah masalah kreativitas dari pembuatnya sendiri. Mari membuat E-Learning yang menarik!

Download Wondershare ( di sini )