Minggu, 12 Oktober 2014

MEMBUAT COURSE

MEMBUAT COURSE
Telah kita pelajari bagaimana mendaftarkan user atau member pada post terdahulu ( disini ), dan mari kita pelajari bagaimana membuat course ?

1.     Untuk membuat course Anda bisa memanfaatkan fasilitas menu Courses – Add/Edit Courses kemudian klik tombol Add new course

 
2.     Atau tombol Add New Course yang ada di halaman utama


 3.     Pada form entri Course isikan utamanya Full name, short name, Summary (ringkasan isi course), Course Date Start (waktu dimulainya course). Untuk number of weeks/topics jika Anda menggunakan Format weekly report diisikan jumlah minggu kegiatan pembelajaran. Jika 1 tahun kegiatan pembelajaran berarti 52 minggu. Course start date diisikan kapan course/kegiatan pembelajaran akan dimulai. Student tidak akan bisa membuka course jika tanggal mula course belum tercapai, sehingga guru/instruktur/Teacher bisa membuat perencanaan jauh hari sebelumnya. Jika Anda sudah mengcustomize setting Course klik Save Changes
 

  
4.     Langkah berikutnya adalah Assign Roles (atau penentuan status) bagi user/member yang telah terdaftar apakah sebagai Administrator (pemegang wewenang tertinggi), Course Creator (dianalogikan sebagai Kepala Jurusan), Teacher (guru), Non Editing Teacher (guru pendamping), Student (siswa) dan Guest (tetamu)
 


5.     Klik salah satu Roles, misalnya Student (siswa) maka akan muncul tampilan sbb:
 

  
6.     Untuk menentukan roles bagi user lain, ganti combo box Role to assign di bagian atas dengan Administrator, Course Creator, Teacher, Non Editing Teacher, atau Guest
7.     Pilih user yang diinginkan sebagai student kemudian klik tombol Add. Jika sudah selesai menentukan roles klik tombol Assign roles in Course : [nama course] maka Anda akan kembali ke laman Assign roles. Klik tombol Click here to enter your course
 


            8.     Anda akan terarah masuk ke dalam halaman Course
              

               
9.     Pada bagian kiri adalah menu administrasi user yang pada masing-masing user memiliki menu yang berbeda-beda. Sedangkan pada bagian kanan terdapat bagian untuk menampilkan News (berita), event dan Aktivitas terakhir.
10.        Keistimewaan user Admin adalah bisa melakukan perubahan peran sebagai Teacher atau Student dengan memanfaatkan menu Switch role to… yang ada di sudut kanan atas.
11.        Jika ingin keluar dari aktifitas e-learning user dapat logout dengan mengklik hyperlink Logout di sudut kanan atas.
12.        Course selesai dibuat. Saatnya Teacher, Non-editing teacher, dan Student mengisinya dengan aktivitas pembelajaran on-line

Download artikel diatas, klik di sini

Sumber Pelatihan