Kamis, 17 Januari 2013

Privasi Kronologi bag 1

Privasi Kronologi

Siapa yang dapat melihat berita di kronologi saya?


Anda yang memutuskan siapa yang dapat melihat berita di kronologi Anda. Begini caranya: 
 Untuk apa pun yang Anda kirim, Anda dapat...
    • Memilih pemirsa
    • Menghapus kiriman tersebut dari kronologi Anda
    • Menyembunyikan kiriman tersebut sehingga tetap ada di Facebook, tetapi tidak muncul di kronologi Anda
  • Untuk kiriman teman, Anda dapat...
    • Menyembunyikan kiriman tersebut sehingga tetap ada di Facebook, tetapi tidak muncul di kronologi Anda
    • Melaporkan kiriman tersebut, jika melanggar Ketentuan Facebook
    • Meninjau kiriman tersebut, jika Anda ditandai, untuk memutuskan akan dimuat di kronologi Anda atau tidak

Catatan: Pemirsa yang Anda pilih untuk kiriman sebelumnya (misalnya teman, teman dari teman) tidak berubah. Jadi jika Anda mengirim gambar pada 2006 kepada semua teman kecuali satu orang, orang tersebut tetap tidak bisa melihat gambar tersebut, sekalipun muncul di kronologi Anda. 

Berikut ini adalah sekilas tentang apa saja yang ada di kronologi Anda dan alat yang dapat digunakan untuk mengendalikan apa yang Anda bagikan.

Sekilas

  • Anda memilih siapa yang dapat melihat informasi umum seperti kota asal atau ulang tahun pada saat menyunting kronologi Anda. Klik Perbarui Info (di bawah foto sampul) lalu klik tombol Sunting di sebelah kotak yang ingin Anda sunting. Gunakan pemilih pemirsa di sebelah setiap bagian informasi untuk memilih siapa yang dapat melihatnya.
  • Siapa saja dapat melihat informasi umum Anda, yang meliputi nama, foto profil, foto sampul, jenis kelamin, nama pengguna, ID pengguna (nomor akun), dan jaringan ketahui sebabnya).
  • Hanya Anda dan teman Anda yang bisa mengirim ke kronologi Anda. Ketika mengirim sesuatu, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihatnya menggunakan pemilih pemirsa. Saat orang lain mengirim di kronologi Anda, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihatnya dengan memilih pemirsa di pengaturan Siapa yang dapat melihat kiriman di kronologi saya.

Peralatan

  • Ketika menyunting informasi kronologi, Anda dapat mengontrol siapa dapat melihat apa menggunakan pemilih pemirsa.
  • Sebelum foto, kiriman, dan aktivitas aplikasi yang menandai Anda muncul di kronologi Anda, Anda dapat menyetujui atau menolaknya dengan mengaktifkan Tinjau Kronologi. Catatan: Anda masih dapat ditandai, dan tanda itu mungkin muncul di tempat lain di Facebook.
  • Tetapkan pemirsa untuk siapa yang dapat melihat kiriman yang menandai Anda pada kronologi Anda.
  • Untuk melihat seperti apa kronologi Anda akan terlihat oleh orang lain, gunakan alat Lihat Sebagai.
Bagaimana cara mengendalikan siapa yang dapat melihat alamat email saya di kronologi saya?

Alamat email memiliki pengaturan privasi (mengendalikan siapa yang dapat melihatnya) dan pengaturan keterlihatan (ditampilkan di kronologi atau tidak). Misalnya, Anda dapat memilih untuk menampilkan alamat email di kronologi namun mengatur privasinya ke Teman, sehingga hanya teman yang dapat mengaksesnya.

Untuk mengendalikan siapa yang dapat mengakses alamat email dan menentukan apakah ditampilkan di kronologi atau tidak:

  1. Buka bagian Tentang di bagian atas kronologi.
  2. Gulir ke Info Kontak dan klik tombol Sunting.
  3. Klik pemilih pemirsa di sebelah kanan alamat email untuk menyunting siapa yang dapat melihat alamat email Anda, atau klik menu keterlihatan dan pilih  Ditampilkan di Kronologi atau  Disembunyikan dari Kronologi.

Catatan: Jika Anda menyinkronkan akun Facebook dengan ponsel, hanya alamat email yang terlihat di kronologi teman yang akan ditambahkan ke Kontak ponsel Anda. 


Bagaimana cara mengetahui tampilan garis waktu saya di mata orang lain?

Anda dapat melihat bagaimana orang lain akan melihat kronologi Anda melalui alat Lihat Sebagai.

  1. Buka kronologi Anda dan klik (di sisi kanan, di bawah foto sampul).
  2. Klik Lihat Sebagai... dari menu buka-bawah.
  3. Anda akan melihat bagaimana tampilan profil Anda di mata umum. Untuk mempratinjau bagaimana tampilan profil Anda pada orang tertentu, misalnya teman atau rekan kerja, masukkan nama mereka pada petak terbuka dan tekan enter.

Catatan: Alat Lihat Sebagai tidak menunjukkan apakah orang dapat berinteraksi di Dinding Anda melalui kiriman, suka, atau komentar. Pengaturan kiriman garis waktu Anda akan selalu berlaku, dan siapa saja yang dapat melihat kiriman dapat menyukai atau mengomentari kiriman tersebut.